English French German Spain Italian Dutch Russian Brazil Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

mother board


Motherboard ms-6787




1.CHIPSET









Chip-chip pada mainboard yang berperan sebagai jembatan aliran data antara subsistem sebuah PC. Chipset terbagi atas dua chip utama yang disebut northbridge dan southbridge. Chip northbridge bertugas untuk mengontrol aliran data dari processor, port AGP, dan memori utama sistem. Sementara itu, chip southbridge mengontrol aliran data dari bus PCI atau ISA, interface hard disk, dan piranti eksternal lainnya.





2. BUS SYSTEM






























Bus merupakan jalur penghubung antar alat pada komputer yang digunakan sebagai media dalam proses melewatkan data pada suatu proses. Bus ini bisa dianggap sebagai sebuah pipa, dimana pipa atau saluran tersebut digunakan untuk mengirimkan dan menerima informasi antar alat yang dihubungkannya. Pada sistem komputer, bus ini termasuk perangkat internal, kecepatan pengiriman informasi melalui bus ini dilakukan dengan kecepatan tinggi.




3.BIOS

























Singkatan dari Basic Input Output System. Suatu program kecil yang terletak di chip motherboard berguna untuk mengatur dan mengontrol hardware komputer sebelum sistem operasi diload


4.MEMORY



a.RAM
































RAM adalah sebuah tipe penyimpanan komputer yang isinya dapat diakses dalam waktu yang tetap tidak memperdulikan letak data tersebut dalam memori.

RAM (Random-Acces Memory) merupakan salah satu jenis memory internal yang menentukan kemampuan sebuah komputer. Memory internal (Internal Memory) bisa disebut juga memory utama (main memory) dan memory primer (primary memory).




b.ROM

















Read Only Memory (ROM) adalah suatu himpunan dari chip yang berisi bagian dari sistem operasi yang mana dibutuhkan pada saat komputer dinyalakan. ROM juga dikenal sebagai suatu firmware. ROM tidak bisa ditulisi atau diubah isinya oleh pengguna. ROM tergolong dalam media penyimpanan yang sifatnya permanen. Chip ROM datang dari pabriknya dengan program atau instruksi yang sudah disimpan di dalamnya. Satu-satunya cara untuk mengganti kontennya adalah dengan mencopotnya dari komputer dan menggantinya dengan ROM yang lain.







5. PROCESSOR















Processor merupakan otak dan pusat pengendali computer yang didukung oleh kompunen lainnya.Processor adalah Sebuah IC yang mengontrol keseluruhan jalannya sebuah sistem komputer.Processor digunakan sebagai pusat atau otak dari komputer yang berfungsi untuk melakukan perhitungan dan menjalankan tugas.

Prosesor adalah chip yang sering disebut “Microprosessor” yang sekarang ukurannya sudah mencapai gigahertz. Ukuran tersebut adalah hitungan kecepatan prosesor dalam mengolah data atau informasi. Merk prosesor yang banyak beredar dipasatan adalah AMD, Apple, Cyrix VIA, IBM, IDT, dan Intel.








6.INPUT DAN OUTPUT KOMPUTER






















Iput/output merupakan bagian dari komputer untuk menerima data maupun mengeluarkan menampilkan data setelah diproses oleh procesor.





7.DYNAMIC





a.RAM(DRAM)

























Dynamic RAM adalah jenis RAM yang hanya menyimpan datanya jika terus diakses oleh logika khusus yang disebut refrhes rangkaian.





b. FPM DRAM

















FPM DRAM singkatan dari Fast Page Mode DRAM.FPM DRAM hanya sedikit lebih cepat daripada DRAM biasa. Before there was EDO RAM, FPM RAM was the main type used in PC's. Sebelum ada EDO RAM, FPM RAM adalah tipe utama yang digunakan dalam PC.



c. EDO DRAM

















EDO DRAM singkatan dari Extended Data Out DRAM.EDO RAM tidak dapat beroperasi pada kecepatan bus yang lebih cepat dari 66MHz, sehingga, dengan meningkatnya penggunaan kecepatan bus yang lebih tinggi, EDO RAM telah mengambil jalan FPM RAM.





d. SDRAM


































SDRAM singkatan dari Synchronous DRAM. Jenis DRAM ini memperbaiki kecepatan akses data yang tersimpan. Modul EDO RAM dapat dibawah ke kecepatan tertinggi 75 MHz, sedangkan SDDRAM dapat dibawah ke kecepatan 100 MHz pada sistem yang sama.




e. RDRAM































Dikembangkan oleh RAMBUS dan didukung oleh Intel sebagai penerus SDRAM dipilih. Memori RDRAM mempersempit bus ke 16-bit dan berjalan pada sampai 800 MHz. Memori RDRAM mempersempit bus ke 16-bit dan berjalan pada sampai 800 MHz. Karena bus sempit ini memakan banyak ruang di papan, sistem bisa mendapatkan lebih banyak kecepatan dengan menjalankan beberapa saluran secara paralel. Karena bus sempit ini Memakan banyak ruang di papan, sistem bisa mendapatkan lebih banyak dengan kecepatan Menjalankan Beberapa saluran secara paralel.




f. DDR SDRAM































Singkatan dari DDR Double Data Rate. DDR mengaduk-aduk data melalui bus lebih baik naik dan turun dari siklus jam, secara efektif menggandakan kecepatan di atas bahwa standar SDRAM. DDR mengaduk-aduk data melalui bus lebih baik naik dan turun dari Siklus jam, secara efektif menggandakanBahwa kecepatan di atas standar SDRAM. Karena keuntungan atas RDRAM, DDR-SDRAM dukungan dilaksanakan oleh hampir semua produsen chipset utama.





8. STATIC

a. SIMM






























SIMM singkatan dari Singgle In-line Memory Module.Singgle pada SIMM ini dimaksudkan dalam penomoran pin,pada penampakan fisiknya, pin dan pin yang berada tepat dibaliknya memiliki nomor yang sama.




b. DIMM






























Singkatan dari Dual In-line Memory Module.Dual berarti berisi dua sisi dari penampakan fisik ini menunjukan bahwa dua sisi menjalankan proses masing-masing, namun masih mendukung satu proses utama yang sama.










c. RIMM




























RIMM singkatan dari Rambus In-line Memory Module.RIMM dulu dikenal sebagai RDRAM adalah sejenis SDRAM yang dibuat oleh rambus.DRDRAM digunakan untuk CPU dari intel yang berkecepatan tinggi.






BACA JUGA BRO:

0 komentar:

Posting Komentar

## TINGGALKAN JEJAK ANDA DENGAN KOMENTAR DI BAWAH ... ##

 
 
 

rosydi-blog

About Me

Foto Saya
rosydi
pasuruan, jawa timur, Indonesia
Lihat profil lengkapku

berapa harga web-mu?